Perlukah Transaksi di Kaskus Menggunakan Jasa RekBer

Kasus penipuan jual beli yang terjadi di forum Kaskus sering terjadi lantaran pembeli begitu mempercayai penjual yang mungkin baru dikenalnya atau penjual yang memang dari awal memiliki niat tidak baik atau ingin menipu untuk itu biasanya pembeli meminta babtuan pihak ke tiga (Rekber) sebagai perantara jasa pembayaran transaksi tersebut.

Lalu apakah pengertian Rekber itu sesungguhnya. Bagi mereka yang sering melakukan transaksi jual beli di Kaskus, mungkin di telinga mereka sudah tidak asing istilah Rekber.

Rekber merupakan cara pembayaran yang dianggap aman untuk menghindari penipuan. Dalam prakteknya, rekber merupakan pihak ketiga atau perantara antara penjual dan pembeli. Setiap rekber biasanya membebankan biaya dalam sebuah transaksi yang besarannya ditentukan kedua belah pihak, antara penjual dan rekber.

Cara kerja Rekber.

Ketika seorang pembeli menginginkan sebuah barang yang diiklankan seorang di forum jual beli Kaskus, maka pembeli bisa memberitahu penjual jika ia menginginkan jasa rekber. Untuk menggunakan jasa rekber, kedua belah pihak, baik penjual dan pembeli harus menyetujuinya.

Setelah penjual menyetujui penggunaan rekber, langkah selanjutnya adalah, pembeli harus mengirim uang sesuai harga barang yang ditentukan oleh penjual. Setelah barang yang dijual diterima oleh pembeli, ia harus memberi tahu kepada rekber. Setelah itu baru rekber men-transfer uang pembeli kepada penjual.

Berikut jasa rekber yang paling terkenal.

1. Sanbank (Kaskus)
2. Piggybank (Kaskus)
3. Blackpanda (Kaskus)
4. Inapay (umum)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar