WISATA GARUT

Buat Teman-teman yang ingin berlibur ke daerah Garut mungkin ini buat referensi agar liburan tambah seru dan tentunya menyenangkan. 

 PEMANDIAN CIPANAS
 
Kawasan Objek Wisata Cipanas berlokasi di lereng gunung Guntur, Kec. Tarogong, Garut . Akses untuk menuju kesini tidaklah sulit karena dekat dengan pusat kota. Letaknya kurang lebih 6 Km dari pusat kota atau 15 menit dengan menggunakan kendaraan. Objek Wisata alam ini merupakan pegunungan dengan panorama yang indah dan udara yang sejuk. Untuk sampai ke sini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak sekitar 2 Km dari Kec. Tarogong. Ataupun Anda bisa menggunakan angkutan kota dengan biaya cukup murah. 
Bagi Anda yang ingin memanjakan tubuh, di kawasan ini terdapat sumber mata air panas yang baik untuk kesehatan Anda dan keluarga, bahkan ada yang mengatakan bisa menyembuhkan penyakit Rheumatik ataupun berbagai penyakit kulit lainnya. Hangatnya air Cipanas Garut ini bisa Anda gunakan untuk melepas penat dan juga untuk melepaskan rasa pegal-pegal agar tubuh menjadi rileks kembali. Sedangkan bagi Anda yang ingin bermain permainan air seperti waterboom, di kawasan Cipanas ini terdapat beberapa lokasi yang menyediakan itu. Selain di atas, di Cipanas juga Anda bisa memilih berbagai pelayanan lainnya seperti: Hiking dan Paralayang di gunung Guntur. Ataupun Anda bisa berjalan-jalan bersama keluarga ke perkampungan yang tentunya dengan suasana pedesaan yang khas. Bukan hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung kesini, terkadang juga ada wisatawan dari mancanegara. Akses yang mudah menjadikan Cipanas sebagai salah satu tempat berwisata favorite di Kota Garut. Selain itu, jika Anda ingin menginap, di kawasan ini banyak hotel ataupun penginapan sejenisnya yang lokasinya tidak jauh dari pemandian, bahkan ada juga pemandian yang menyediakan fasilitas penginapan. Suasana yang rileks dan menenangkan akan mudah Anda peroleh di Cipanas ini.


CURUG CITIIS

Bagi Anda yang belum tahu mengenai Curug Citiis (Air terjun Citiis), Objek Wisata ini terletak di sebelah utara Kec. Tarogong Kaler dan berdekatan dengan Objek Wisata Cipanas. Tepatnya di Desa Pasawahan Kec. Tarogong, Garut. Untuk ke sini bisa menggunakan kendaraan selama kurang lebih 30 menit atau sekitar 8 Km dari pusat Kota Garut.  Objek Wisata ini berada pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Pepohonan yang rindang menyebabkan sinar matahari sulit untuk masuk ke daerah ini. Apabila pada musim kemarau, maka debit air terjun ini akan berkurang. Kualitas lingkungannya pun cukup baik. Pencemaran udara yang rendah membuat udara di sini enak untuk dinikmati. Sayang, air di curug ini tercemar oleh sampah-sampah yang ditinggalkan begitu saja oleh para pengunjung. Apabila Anda berkunjung ke sini, marilah kita ikut serta menjaga alam Curug Citiis dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.  Air yang ada di Curug Citiis ini, berasal dari Gunung Guntur yang memiliki dua buah mata air. Mata air yang pertama mengalir ke Curug Citiis (air dingin) ini, dan yang satu lagi mengalir ke daerah Cipanas (air panas).  Di sini, Anda dan keluarga bisa memilih bermacam aktifitas seperti tracking, hiking, menikmati alam Curug Citiis, camping, ataupun untuk berfoto-foto. Objek Wisata ini belum memiliki fasilitas akomodasi ataupun tempat ibadah. Begitu juga fasilitas rumah makan hanya terdapat di daerah Kec. Tarogong.


SITU BAGENDIT
 
Situ Bagendit (Danau Bagendit) masih menjadi salah satu tempat Wisata favorit para wisatawan apabila berkunjung ke Kota Garut. Situ Bagendit merupakan danau yang dilingkupi kawasan yang masih alami, dikelilingi oleh pesawahan dan perkampungan penduduk dengan latar pegunungan yang indah. Situ Bagendit terletak di Kec. Banyuresmi. Dengan luasnya yang lebih dari 124 Ha, maka Anda bisa berlayar ke tengah situ dengan menggunakan rakit, sepeda air, Canoe, atau memancing di sini. Danau ini mempunyai legenda yang katanya, dahulu kala rombongan Nyai Ronggeng Baged dan Nyi Endit tenggelam di sini. Itulah asal-usul penamaan Bagendit. Suasana di Objek Wisata ini pun tergolong nyaman karena Objek Wisata ini di kelola oleh Dinas Pariwisata setempat. Contohnya kawasan ini mempunyai lahan parkir kendaraan yang luas, yaitu kurang lebih 1.400 m2 dengan daya tampung 30 bus, 60 kendaraan pribadi, dan 180 kendaraan bermotor. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat untuk memarkirkan kendaraan yang Anda bawa. Di kawasan ini terdapat taman bermain dengan pohon – pohon peneduh yang cukup, tempat ibadah berupa Mushola dan 10 buah tempat sampah yang tersebar di beberapa titik. Jadi, jangan sampai Anda membuang sampah sembarangan ya! Mari kita ikut melestarikan alam Situ Bagendit. Untuk aksesibilitas, lokasi Situ Bagendit ini berjarak kurang lebih 4 Km dari pusat kota Garut. Terdapat angkutan umum berupa angkot jurusan terminal Guntur – Kp. Mengger dan juga Garut – Limbangan. Untuk masuk ke kawasan ini, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp. 5.000/orang dewasa dan Rp. 3000/anak. Untuk fasilitas, di sini ada penyewaan rakit yang banyaknya kurang lebih 60 buah dengan tarif Rp. 50.000/15 menit dan juga penyewaan sepeda air dengan tarif Rp. 10.000/15 menit. Ada pula penyewaan shelter yang banyaknya 6 buah dengan tarif Rp. 10.000/jam dan kereta api mini dengan tarif Rp. 5.000. Murah bukan?

PEMANDIAN AIR PANAS AWIT SINAR ALAM DARAJAT 

Salah satu tempat yang bisa dijadikan alternatif adalah Kota Intan Kabupaten Garut. Kabupaten Garut memiliki beberapa tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, seperti pantai, kebun binatang, candi, situ, air panas, dan beberapa tempat wisata lainnya yang sangat indah, baik alam maupun lingkungannya. Saat ini tempat wisata yang menjadi primadona adalah Pemandian air panas Darajat. Kawasan Darajat berada 1000 M diatas permukaan laut. Waktu tempuh normal menuju darajat dari kota Garut sekitar satu jam, namun saat memasuki liburan, perjalanan akan tersendat oleh antrian kendaraan yang akan menuju darajat atau sebaliknya, disaat seperti ini jarak tempuh bisa mencapai kurang lebih bisa mencapai tiga jam. Wisatawan akan menyusuri jalan meliuk dan menanjak sebelum sampai ke puncak Darajat. Pemandangan kanan kiri, selain rumah-rumah penduduk maka akan melihat pemandangan yang cukup indah dan segar, persawahan, kebun sayuran dan dan Gunung Cikuray yang terlihat jelas saat wisatawan akan menuju Darajat. Sesampainya di area objek wisata darajat, kita akan melihat pipa-pipa besar dan instalasi energi panas bumi milik PT Chevron. Nah diarea inilah pengunjung akan menikmati pemandangan yang cukup jelas seluas mata memandang. Kota Garut terlihat jelas dari atas bukit Darajat, saat menjelang sore, kabut putih juga akan menyelimuti kita, cuaca dingin diatas darajat akan terasa sangat dingin menusuk pori-pori.  Dengan udara yang dingin sekali, inilah waktu yang cocok untuk berendam di air panas Darajat. Di area objek wisata darajat ini banyak sekali pilihannya. Ada beberapa fasilitas yang tersedia disini, kita bisa memilihnya sesuai keinginan kita dan membeli tiket kepada penjaga tiket dilokasi darajat. Para pengunjung dapat menikmati waterpark dengan air panas yang berasal dari Kawah darajat yang merupakan bagian dari barisan gunung Api Papandayan. Di tempat ini sedikitnya terdapat tujuh buah waterpark yang bisa dipilih untuk menikmati kehangatan dengan keluarga. salah satu tempat Favorit di Darajat, adalah Awit Sinar Alam. 

(Fr.wisata Garut)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar