TIP MERAWAT BUSI MOTOR / MOBIL

Busi motor merupakan perangkat pengapian yang bertugas memantikan api listrik dalam sebuah rangkaian proses pembakaran di dalam mesin motor. Api yang dihasilkan dari busi inilah yang membuat mesin menjadi hidup dan menyala.

Jika busi motor ini kotor dan akhirnya bermasalah, maka sudah dapat dipastikan bahwa motor tidak akan hidup alias “mogok”.

Mungkin Anda bertanya, kenapa busi motor bisa kotor?
Ada beberapa hal yang membuat busi motor menjadi kotor, diantaranya debu, kotoran, maupun kerak yang timbul akibat usia busi yang sudah berumur.

Berikut adalah tips bagaimana cara membersihkan busi motor Anda.

Hindari menggosok kepala busi dengan amplas

Pada umumnya, orang membersihkan busi motor dengan cara mengampelasnya. Penggunaan amplas untuk membersihkan kepala busi yang kotor terhitung merupakan cara yang jitu untuk membuat mesin motor kembali menyala sehingga cara ini banyak dilakukan baik oleh mereka yang membersihkan busi di rumah, maupun tukang mesin di bengkel-bengkel.

Namun sebenarnya cara membersihkan busi motor dengan ampelas sebenarnya kurang baik, karena dapat membuat lapisan elektroda atau torak menjadi tipis yang akan membuat jarak kepala busi dengan elektroda menjadi renggang.

Tidak merendam busi motor di dalam cairan bensin atau minyak tanah.

Banyak montir di bengkel-bengkel kerap melakukan cara ini. Tujuannya ialah untuk agar kotoran yang menempel pada busi dapat cepat terlepas.

Ada yang mengatakan bahwa cara membersihkan busi motor seperti ini kurang tepat karena zat-zat di dalam bensin maupun minyak tanah dapat malah dapat memicu timbulnya kotoran pada busi motor.

Sikat kawat untuk membersihkan busi

Cara membersihkan busi sepeda motor yang benar yaitu menggunakan sikat kawat yang sebelumnya sudah dilumuri menggunakan bensin. Membersihkan busi motor dari kotoran dan kerak menggunakan sikat kawat memang lebih memakan waktu dan membutuhkan kesabaran.

Namun hasil yang didapatkan akan lebih maksimal, ditambah lagi cara membersihkan busi sepeda motor dengan sikat kawat ini dapat membuat busi motor tetap awet. Oleh karena itu cara membersihkan busi motor dengan sikat kawat, menurut kami adalah cara yang terbaik.

Pengapian busi

Setelah membersihkan busi motor dari kotoran, kini saatnya Anda untuk mengetes pengapian busi. Jika bunga api atau percikan api yang dihasilkan sudah terbilang normal yaitu percikan api berwarna biru, maka proses membersihkan busi sudah selesai.

Namun jika percikan api masih terhalang oleh kerak, lebih baik Anda menghilangkan kerak tersebut terlebih dahulu menggunakan sikat kawat.

Untuk perawatan busi, sebaiknya ganti busi setiap 10.000 Km atau sesuai dengan keadaan motor Anda. Jangan hanya fokus pada busi, karena kabel busi yang sudah lama tidak diganti juga dapat menyebabkan kerja busi menjadi tidak maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar