4 KEMENANGAN KUBU KOALISI MERAH PUTIH (KMP) DARI KOALISI INDONESIA HEBAT (KIH)

Setelah kalah dalam pemilihan Presiden dan wakil Presiden, Koalisi Merah Putih (KMP) semakin solid dengan berhasil membuat kejutan di Parlemen. Berikut 4 Kemenangan KMP :

1. REVISI UU MD3 DPR memutuskan revisi UU MD3. Salah satu poin penting dalam revisi ini adalah perubahan pasal 84, yaitu keputusan bahwa Kursi Ketua DPR tak otomatis jadi milik partai pemenang pemilu. Ada tiga opsi yang ditawarkan dalam pemungutan suara. - Opsi 1. Adalah kembali ke aturan awal, kursi ketua DPR jadi milik partai dengan perolehan kursi terbanyak. - Opsi 2. Parpol pemenang pemilu mengajukan beberapa nama calon ketua DPR yang akan dipilih oleh anggota DPR. - Opsi 3. Pimpinan DPR dipilih dalam bentuk paket, artinya anggota DPR akan memilih sendiri pimpinan mereka lewat Paket pimpinan DPR yang diajukan. Paket tersebut berisi Ketua DPR dan empat Wakil Ketua DPR. Paripurna secara aklamasi memilih alternatif ke tiga. 2. TATA TERTIB DPR Kali ini terkait dengan disahkannya Peraturan Tata Tertib (Tatib) DPR setelah melalui rapat paripurna nan panas. Rapat pengesahan Peraturan Tatib DPR pada Selasa (16/9) silam berlangsung panas dengan banyak interupsi. Puncaknya adalah saat Fraksi PDIP dan PKB memutuskan walk out, tak ikut mengesahkan tatib itu. 3. PILKADA VIA DPRD Kemenan KMP melalui RUU Pilkada, dalam RUU tersebut, KMP menginginkan agar proses pemilihan kepala daerah tidak lagi dilakukan secara langsung melainkan lewat DPRD. Dan pada Jumat (26/9), melalui drama politik berjam-jam, DPR melalui sidang paripurna akhirnya mengesahkan RUU Pilkada. Lewat voting diputuskan opsi Pilkada melalui DPRD ditetapkan sebagai mekanisme pemilihan yang baru. 4. PAKET PIMPINAN DPR Kemenangan yang terbaru tak lain adalah dikuasainya seluruh kursi pimpinan DPR oleh koalisi merah putih. Paket ini bisa diterima oleh Paripurna tanpa hambatan.

1 komentar:

  1. INDONESIA HEBAT !!! DI MASA KEPEMIMPINAN JOKOWI-JK, INDONESIA BERUBAH DARI NEGARA BERKEMBANG MENJADI NEGARA INDUSTRI BARU

    BalasHapus